Walikota Terima Penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lancana Wira Karya

Mataram (Suara NTB) –
Walikota Mataram H. Mohan Roliskana menerima penghargaan tanda kehormatan Satya Lancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada pembukaan PENAS XVI di Kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (10/6).
Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo.
Walikota mengatakan, penghargaan yang diterima tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi merupakan kebanggaan seluruh masyarakat Kota Mataram. Ia mengapresiasi seluruh mitra pemerintah tanpa kenal lelah berkontribusi terhadap upaya ketahanan pangan di Kota Mataram. “Penghargaan ini tentu bukan untuk diri saja pribadi melainkan untuk masyarakat Kota Mataram,” ungkapnya.
Orang nomor satu di Kota Mataram menegaskan, prestasi ini sangat menarik lantar muncul di tengah fenomena alih fungsi lahan, sehingga mendorong pemerintah untuk melahirkan gagasan dan inovasi.
Ia menjelaskan, luas wilayah Kota Mataram hanya 61,3 kilometer persegi. Lahan sawah dilindungi sesuai data Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional seluas 1.414 ha. Sementara, kawasan tanaman pangan dilindungi 469,5 ha.
Disatu sisi, dinamika pembangunan sangat cepat membutuhkan ruang, maka sektor pertanian menjadi terancam. “Justru disitulah lahir inovasi dan semangat berkolaborasi untuk mendorong urban farming yang memanfaatkan ruang terbuka hijau untuk menghasilkan produk pertanian,” terangnya.
Inovasi ini dinilai penting sebagai upaya pemerintah menekan tingginya kenaikan kebutuhan pokok agar tidak terjadi inflasi. Karena itu, optimalisasi pelaksanaan program pekarangan pangan lestari diperlukan sebagai bentuk perbaruan dari pemanfaatan lahan pekarangan atau lahan tidur. Artinya, lahan tidur bisa produktif menghasilkan produk pertanian dan pemanfaatan lahan pekarangan menjadi kunci dan solusi keterbatasan lahan serta melahirkan kampung tanggap inflasi. (RYN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *